post-image

Rapat Koordinasi Kebakaran Hutan dan Lahan Terkait Anomali Cuaca di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024

Dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di  Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024, BPBD Provinsi Kaltim melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan  menyelenggarakan Rapat Koordinasi  Kebakaran Hutan dan Lahan Terkait Anomali Cuaca di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024. (30/4/24)



Sebagaimana yang kita ketahui dan prediksi yang disampaikan pada Rakor yang lalu, bahwa Fenomena El Nino masih mengalami masa transisi terutama dibeberapa Provinsi termasuk Provinsi Kalimantan Timur, BPBD Provinsi Kalimantan Timur secara intensif  melakukan koordinasi dengan BMKG terkait fenomena yang terjadi saat ini dan terus memonitor apa yang terjadi di berbagai daerah dan terlebih ketika BPBD Prov. Kaltim masuk dalam Tim Penanganan Operasi Lilin Mahakam lalu, Ucap Kalaksa BPBD Provinsi Kalimantan Timur (Drs. Agus Tianur, M.SI). Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan kesepakatan dalam menetapkan status siaga karhutla di Provinsi Kalimantan Timur.

 

Rapat ini menghadirkan narasumber Direktur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ir. Thomas Tandi Bua A.N, M.Sc), Perwakilan dari Pangdam VI/Mulawarman Asisten Teritorial Kasdam VI/Mulawarman (Kolonel Infantri Ilham Yunus, S. Sos., M. Si), Perwakilan dari Polda Kaltim (Komisaris Polisi Roganda) dan Anggota Fraksi PKB DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Selamat Ari Wibowo, S.Pd). 

Langkah antisipasi yang kita lakukan di antaranya patroli dan supervisi pengendalian karhutla sekaligus sosialisasi terus menerus kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan saat membuka lahan, sehingga antisipasi kebakaran hutan dan lahan bisa diminimalkan pada 2024.