post-image

Rapat Koordinasi Teknis Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024

BPBD Provinsi Kaltim menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024 melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kaltim yang diselenggarakan di Hotel Grand Jatra Balikpapan dan juga melalui Zoom Meeting. (28/2/24)


Kalaksa BPBD Prov. Kaltim (Drs. Agus Tianur, M.Si) menyampaikan Tantangan terbesar nasional saat ini yaitu perubahan iklim dan pemanfaatan lingkungan, kecendrungan memberikan risiko kerusakan dan berdampak terhadap kehidupan, penghidupan mahkluk hidup dan lingkungan. Dalam meminimalisir terhadap dampak yang ditimbulkan tentunya hal ini tidak terlepas dari upaya pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana sebelum terjadinya bencana. Layanan Pencegahan dan kesiapsiagaan, kita ketahui bersama berkaitan erat dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) urusan bencana. Hal yang saat ini perlu menjadi atensi kita yaitu kewajiban dalam Pengkajiaan Risiko dan Rencana Penanggulangan Daerah. Rencana Renanggulangan Bencana (RPB) sebagai tindak lanjut dari Kajian Risiko Bencana wilayah atau daerah yang kemudian dijabarkan dalam bentuk strategi dan arah kebijakan perencanaan pembangunan baik program dan kegiatan dari sisi kebencanaan, serta sebagai pemaduan peran para pemangku kepentingan, dan pihak terkait dalam pengurangan risiko bencana Kalimantan Timur, terang Kalaksa BPBD Prov. Kaltim saat membuka Rakortek. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Prov. Kaltim (Tresna Rosano, SE) menambahkan Rakortek ini sebagai bentuk dukungan pelaksanaan uu penanggulangan bencana nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan pelaksanaan permendagri nomor 101 tahun 2018 tentang penyelenggaraan SPM Sub Urusan Bencana Kab/Kota. Maksud dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk mengetahui persoalan dan hambatan dalam pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, adapaun tujuan kegiatan yaitu merumuskan kebijakan terhadap permasalahan dan hambatan dalam Pengurangan Risiko Bencana Kalimantan Timur, Tutur Kabid Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Prov. Kaltim.

Rakortek ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Kesiapsiagaan BNPB, Drs. Pangarso Suryotomo, M.MB dan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Yoga Wiratama, S.Si, M.S.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Unsur Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Bpbd Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal, Lembaga, Oraganisasi Masyarkat , dan NGO.