post-image

Apel Siaga dan Gladi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan

BPBD Provinsi Kalimantan Timur turut serta dalam Apel Siaga dan Gladi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan yang diselelngarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur berlangsung di kebun Raya Samarinda (8/5/24).
Apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiaagan, koordinasi, sinergitas, kesiapan pasukan atau brigade serta kesiapan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, sebagai bentuk persiapan pasukan dalam rangka pengendalian karhutla dan mampu melakukan tindakan yang benar, cepat, tepat dan terukur. Usai apel digelar, pasukan melakukan simulasi terkait karhutla sebagai bentuk kesiapsiagaan serta mengantisipasi karhutla di wilayah Kalimantan Timur.
Adapun yang akan disimulasikan meliputi keselamatan dan kesehatan kerja, mencari titik api (firespot), menghitung luas areal terbakar dan pembuatan peta , ketangkasan teknik menggulung selang dengan jenis gulungan yang berbeda, ketangkasan pemadaman menggunakan mesin pompa, pemadaman manual, membuat sekat bakar dan Bivak.


Peserta yang hadir dalam apel ini diantaranya, Otorita IKN yang dihadiri Deputi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Pangdam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Danrem 091 Agus Surya Natakusuma, Kejaksaan Tinggi Negeri Kalimantan Timur, Rektor Universitas Mulawarman, Walikota dan Bupati Se – Kalimantan Timur, Kementerian KLHK, dan seluruh OPD terkait.