post-image

Rapat Evaluasi Penanganan dan Persiapan Pelaksanaan Fase Pemulihan Pasca Bencana Banjir di Kab. Mahulu.

Menindak lanjuti arahan dan instruksi Pj. Gubernur Kalimantan Timur (Prof. Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si), terkait Percepatan Penanganan Fase Pemulihan Pasca Bencana Banjir di Kabupaten Mahakam Hulu (13/05/24 – 19/05/24), Di 5 Kecamatan, meliputi Kecamatan Long Apari, Kecamatan Long Pahangai, Kecamatan Long Bagun, Kecamatan Laham dan Kecamatan Long Hubung dengan total terdampak yaitu 41 desa.

setelah kepulangan beliau melakukan penanganan darurat di Kab. mahulu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Timur (Drs. Agustianur, M.Si) Segera melaksanakan Rapat Evaluasi Penanganan dan Persiapan Pelaksanaan Fase Pemulihan Pascabencana Banjir di Kab. Mahulu. (21/05/24)

Dari data identifikasi lapangan yang dilaksanakan Tim Pengkajian Kebutuhan Pascabencana dan R3P BPBD Prov. Kalimantan Timur, di peroleh gambaran kerusakan dan kerugian sarana prasarana dan beberapa permasalahan diwilayah terdampak yang harus segera ditindak lanjuti.

Adapun permasalahan di lapangan yaitu tentang, Kendala Pengiriman mesin dari PT. PLN dari Samarinda ke Mahakam Hulu, segera adanya perbaikan Sarana dan Prasarana yang terdampak banjir meliputi sekolah (SD, SMP dan SMA), Rumah Dinas Guru, fasilitas Kesehatan dan fasilitas pendukung, Lahan Pertanian, Permukiman Penduduk Tempat Ibadah meliputi Masjid, Gereja dan Rumah Adat (Lamin), Prasarana Transportasi (Dermaga Sungai), Aksesbilitas Darat (jalan dan jembatan), Bangunan Perkantoran Pemerintah, Pertokoan dan tempat usaha (toko, warung dan penginapan), tak hanya itu diperlukan bantuan sarana transportasi sungai agar pendistribusian dan penanganan lebih mudah, serta belum ada Early Warning System (EWS) di beberapa titik daerah rawan banjir di Kab. Mahakam Ulu.

Rapat ini diawali dengan penyampaian overview Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Andik Wahyudi S.T., M.M.M.T.), Kemudian Masing-masing OPD Teknis menyampaikan paparan progres kegiatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Banjir di Kab. Mahakam Ulu.