post-image

Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Daerah Rawan Bencana Kabupaten dan Kota Se – Kalimantan Timur

Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Daerah Rawan Bencana Kabupaten dan Kota Se – Kalimantan Timur dalam rangka kesiapsiagaan peringatan Hut Kemerdekaan RI ke - 79 diselenggarakan BPBD Provinsi Kalimantan Timur melalui bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) yang berlangsung di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan. (27/7/24)


Kepala pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Timur ( Drs. Agus Tianur, M.Si) membuka dan memimpin langsung rapat ini,  dalam pembukaan rapat ini beliau menyampaikan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah kesiapsiagaan kita dalam menghadapi peringatan Hut Kemredekaan RI ke  - 79, namun bagian utama rapat ini yaitu memetakan dan mempertajam peta rawan bencana di Provinsi Kalimantan Timur, antisipasi dalam potensi bencana yang akan terjadi kedepan. “Saat mengikuti seminar yang diselenggarakan di jakarta kerja sama bersama BNPN banyak hal yang baru didapat bahwa saat ini bencana itu spektrumnya sudah sangat luas dan definisi bencana sangat dinamis yang telah menggeser paradigma lama seiring dengan telah ditetapkannya konsep  Sustainable Development Goals (SDGs) sehingga apa yang kita definisikan, susum, programkan tentang kebencanaan saat ini sudah jauh tertinggal, maka BPBD  memperkuat kerjasama dengan Pemerintah dan kajian Lembaga – lembaga serta Instansi terkait lainya”, terang Kalaksa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Tresna Rosan, SE) menambahkan rapat ini juga sebagai bentuk perwujudan dalam melaksanakan Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana Dan Permendagri Nomor 10 Tahun 2018 yang mengatur tentang standar pelayanan minimal (spm) untuk daerah, yang tujuan kegiatan hari ini yaitu terlaksananya penguatan koordinasi antar Bpbd Kabupaten Kota Provinsi Se Kalimantan sehingga penyelenggaran penanggulangan bencana di daerah terpadu, terstruktur, terarah dan terukur, serta mengetahui hambatan dan permasalahan yang dapat dirumuskan dan dijabarkan dalam bentuk strategi dan arah kebijakan perencanaan pembangunan daerah.


Rapat ini juga diselenggarakan melalui zoom meeting dan lanjutkan dengan pemaparan materi terkait daerah rawan bencana yang disampaikan oleh Yohanes Budi Sulistioadi, S. Hut, M.Sc ( Asisten Ahli Akademik LP2M Universitas Mulawarman) dilanjutkan dengan kondisi cuaca terkini oleh Kukuh Ribudidiyanto, M.Si (Kepala Unit Pelaksana Teknis BMKG Kota Balikpapan), dan oleh Dr. Onesius, S. Hut, M.P (Direktur  Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Otorita IKN) mengenai  Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Daerah Rawan Bencana wilayah IKN, usai pemaparan dilanjutkan diskusi bersama peserta terkait materi – materi tersebut. Kegiatan ini di hadiri oleh BPBD se Kalimantan Timur, OPD terkait, Instansi Vertikal serta Lembaga – Lembaga terkait.