post-image

Laporan Survey Makroseismik Kec. Batu Putih, Berau, Kalimantan Timur 2024

Hasil Laporan Survey Makroseismik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Kec. Batu Putih, Berau, Kalimantan Timur 2024 diguncang gempa tektonik pada Minggu, 15 September 2024. gempa bumi tersebut memiliki magnitudo update M5.5. (19/9/24)


Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.30° LU Lintang Utara dan 118.46° BT Bujur Timur, tepatnya di daratan 147 km Tenggara Berau, Kalimantan Timur. Dengan Kedalaman gempa tercatat berada di 11 km di bawah permukaan tanah, yang menjadikan gempa ini tergolong dangkal.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal diduga akibat aktivitas sesar Mangkalihat. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergeseran mendatar (Strike slip).


kejadian ini berdampak dan dirasakan di daerah Berau, Tanjung Redep, Teluk Bayur, Tanjung Selor, Tarakan, Bulungan dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.


Gempabumi di awali dengan gempa pembuka M4.1 yang juga di rasakan masyarakat kecamatan batu kecamatan sangkulirang dengan intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Terpantau Hingga tanggal 18 September 2024 pukul 13.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 31 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


wawancara survey makroseismik dilakukan dari beberapa titik survey yaitu, Pos BPBD Batu Putih (V MMI), Logpon Batu Putih (VI MMI nilai Kerusakan pada dinding dan lantai bangunan rumah), Kampung Ampe Medang mendapatkan nilai (V MMI nilai Kerusakan Kabel listrik jatuh), Kampung Lobang Klatak  (VI MMI Nilai Kerusakan pada Dinding rumah), SD 001 Lobang Klatak (VI MMI Kerusakan pada dinding bangunan dan jatuhnya plafon ruang kelas), dan Kantor Koperasi (VI MMI Kerusakan pada dinding bangunan).


tak hanya itu Survey Makroseismik juga melakukan Sosialisasi terkait mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami ke Masyrakat Kecamatan Batu Putih mendapatkan respon yang sangat antusias dari masyarakat, disamping menyampaikan hal-hal terkait mitigasi bencana sebelum, saat, dan sesudah terjadi gempabumi, tim Survey juga bersama - sama menenangkan masyarakat yang trauma setelah kejadian gempa bumi di Kecamatan Batu Putih.